Jumat, 30 Desember 2011

cara mendaftarkan blog ke google

 Sebenarnya ada beberapa cara mendaftarkan blog ke Google yang dapat kita lakukan, tapi pada tips blogging kali ini kita hanya akan membahas cara mendaftarkan blog ke Google melalui Google Webmaster Tools. Namun sebelumnya kita pahami dulu mengapa perlu mendaftarkan blog kita di Google?
 
  • Kenapa blog kita harus didaftarkan (submit) ke Google ?
Tentu saja adalah agar blog dan tulisan di blog kita terindeks di mesin pencari terbesar tersebut, sehingga orang bisa melihat blog dan tulisan kita saat mereka searching di google mengenai kata kunci tertentu, dan akhirnya mendatangkan trafik pengunjung ke blog kita.

  • Bagaimana cara mengetahui blog kita sudah terdaftar di Google ?
Cara mudah mengetahui blog kita sudah terdaftar dan terindeks di Google atau belum adalah dengan mengetikkan URL lengkap blog kita contohnya:
Jika blog kita sudah terdaftar digoogle, maka blog kita akan terlihat pada hasil pencarian berikut halaman dalam blog yang sudah terindeks. Nah jika belum terlihat sama sekali maka berarti blog kita belum terdaftar apalagi tulisan-tulisan di blog kita.
Google Webmaster Tools adalah layanan gratis dari google untuk para pengelola situs maupun blog. Di Google Webmaster Tools sendiri ada 2 cara mendaftarkan blog kita, yaitu dengan membuat meta tag dan dengan membuat halaman. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Daftar dan login di sini  Google Webmaster Tools
  2. Klik ” Add Site” lalu masukkan URL atau nama blog kita.
  3. Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman Verify ownership.
  4. Pilih Add a meta tag to your site's home page. Maka akan diberikan kode meta tag misalnya seperti ini:
<meta name="google-site-verification" content="dVq960GU1Jj7nwuaora1jaSxBcmdr4C-yxVOkB67pfo" />
  1. Jangan tutup dulu halaman ini, buka halaman lain dan login ke dashboard blogger kamu dan pilihlah : Rancangan, Edit HTML.
  2. Letakkan meta tag seperti diatas bawah tag <head> kemudian klik Save.
  3. Kembali ke halaman Verify ownership yang tadi masih belum ditutup, klik Verify.
  4. Maka Googlebot akan segera melakukan crawl terhadap blog kita dan apabila berhasil menemukan meta tag yang sudah dipasang tadi maka akan muncul keterangan Verified.
Oke.., sekian dulu tips blogging tentang cara mendaftarkan blog ke Google kali ini semoga bisa bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar